skip to Main Content
Aku Dan Negeri Van Oranje : Rotterdam

Aku dan Negeri Van Oranje : Rotterdam

Desember 2015 saat itu Film Negeri Van Orange dirilis bersamaan dengan kedatangan saya kesana. Teman-teman banyak yang bilang “Hey, kamu ikutan main filmnya juga kah?”. lalu ku jawab “nggak, saya mau explore kota ini”., jawabku.

Rotterdam tak kalah indah dengan kota lainnya, salah satu bagian iconicnya adalah stasiun kereta kota ini. Lihat saja bentuknya yang unik bikin mata tak lelah memandanginya. Berbeda dengan kota sebelumnya, jalanan kota ini cukup besar jadi bagi pejalan kaki ya lumayan gempor kalo jalan. Untung saja saat itu winter jadi walau sudah jalan banyak kerinat tidak menetes sedikitpun  😄.

rotterdam.jpg

Central Station dari Kejauhan

eh disini juga saya baru menyadari kalau Kapsalon itu bahasa Belanda 😅. lihat saja seorang mbah-mbah yang lagi menuju kapsalon. Mungkin mbahnya lagi mau merapika rambut, biar lebih keren kaya anak muda masa kini.

Ada pula gedung yang unik di sana, bentuk gedung ini sedikit tak beraturan namun jika di lihat gaya arsiteknya kok kayak dancing house di praha ya.
building rotterdam.jpg

Pernah dengar DHL? ya perusahaan yang bergerak di bidang jasa tersebut berasal dari Belanda. Berbeda dengan jasa antar barang di Indonesia yang mengantar barang pakai mobil atau sepedah motor. Di Rotterdam yang nganter barang pakai sepedah loh.

DHL bike roterdam.jpg

Sepedah Kurir DHL

Bangunan lain yang terkenal di Rotterdam ialah Erasmusbrug. Erasmus bridge (Erasmusbrug dalam bahasa belanda), adalah simbol kejayaan kota Rotterdam. Diresmikan oleh Ratu Beatrix pada tahun 1996, Erasmus Bridge menjadi penegas kekuatan Rotterdam sebagai kota pelabuhan terbesar didunia. Sesuai mottonya, “World Port World City”. Kini, Rotterdam memang bukan lagi menjadi kota pelabuhan terbesar di dunia. Posisi tersebut telah direbut oleh Shanghai, China. Dengan panjang hampir 1 KM, kurang lebih sekitar 800 meter, Erasmus Bridge menghubungkan bagian Utara dan Selatan Rotterdam. Erasmus Bridge menjadi simbol persatuan 2 wilayah yang terkesan berbeda.

Bangunan lain yang juga unik adalah Markhtal Market, adalah Pasar Indoor terindah yang pernah saya lihat.  Markthal, Food Market Indoor Pertama di Belanda Dibangun Mirip Karya Seni Markthal didesain oleh perusahaan arsitektur Belanda, MVRDV. Terciptanya bangunan ini menjadi salah satu proyek utama untuk regenerasi pusat kota disekitar Binnenrotte Square, Rotterdam. Lokasi Markthal berdiri adalah area pelabuhan kontainer tersibuk di Eropa sekaligus kebun binatang paling populer di Belanda. Saat malam hari, pasar ini akan sangat terlihat kecantikannya. bikin betah lihat-lihat di dalam (lihat-lihat aja ya gak belanja)

ediutomoputra

Born in Palu, grew in Palu, Malang, Porto.
Falling In Love with Photography,
Some of photo can be found at Instagram.com/ediutomoputra

Back To Top