skip to Main Content
Kamu Suka Mendaki? Korea Selatan Mungkin Tempat Yang Cocok Buat Kamu!

Kamu suka Mendaki? Korea selatan mungkin tempat yang cocok buat kamu!

Mendaki, bagi anak muda di Indonesia kata yang satu ini jadi salah satu tolak ukur seberapa hebat seseorang dalam hal travelling, bahkan mendaki juga identik dengan seberapa kuat kamu. Tak heran bagi anak muda di Indonesia mendaki gunung menjadi tren tersendiri, hebatnya pemuda Indonesia tak sedikit yang minim persiapan untuk mendaki, bermodal nekat, fisik yang kuat (katanya) namun tanpa bekal lain yang memadai. Tak jarang terjadi hal fatal yang diakibatkan kecerobohan ini.

Mbah-Mbah di Korea itu Romantis, mendaki berdua

Lain di Indonesia, lain pula di Korea, jika di Indonesia para pendaki sebagian besar adalah kaum milenial atau bahkan remaja di Korea selatan para pendaki sebagian besar adalah mbah-mbah. Mungkin jika di rata-ratakan sebagian besar pendaki berumur 40 tahun ke atas, ini hanya berdasarkan pengamatan saya saat mendaki di Korea. Berdasarkan salah satu artikel di The Washington Post, Hiking di Korea Selatan bahkan seperti Identitas bangsa, penduduk Korea Selatan tiap pekannya selalu menyisihkan waktu untuk mendaki gunung. Hal ini tidak lepas dari mudahnya mendaki di Korea Selatan.

Mendaki gunung di Korea bisa di katakan relatif lebih aman di banding di Indonesia, sebagian besar gunung di Korea Selatan sudah “terjamah” manusia, track untuk pejalan kaki dan pendaki tersedia dengan aman tanpa perlu membawa perlengkapan khusus untuk membuka jalan. Namun bukan berarti tanpa tantangan 😁, walaupun track tadi tersedia jalan untuk ke puncak suatu gunung juga kadang-kadang curam, kadang pula dengan kemiringan yang menantang.

Baca Juga : Busan Nggak ada zombienya kok!

Dulu waktu saya sedang belajar bahasa di Busan, paling tidak 2 pekan sekali saya mendaki gunung Geumjong-san yang memang posisinya tepat di belakang kampus Busan University of Foreign Studies. Mendaki memang cukup melelahkan namun dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk serta cuaca yang mendukung, rasa lelah itu terbayar ketika berada di atas.

Apa yang bisa kita dapatkan di gunung Korea?

Well, seperti yang sudah saya bilang sebelumnya gunung di Korea sebagian besar sudah “terjamah”. Sejak jaman dulu kawasan perbukitan dan gunung ini sudah banyak di manfaatkan. Sebagai basis pertahanan misalnya, bisa terlihat dari banyaknya benteng-benteng pertahanan yang berada di gunung-gunung Korea. Ada juga kawasan seperti Kuil-kuil yang sebagian besar berada di kawasan pegunungan.

Benteng Geumjong-san
Benteng yang ada di Geumjeong-san

Baca Juga : Jeju Island Mission Failed

mendaki di Geumjeong-san
Geumjong-san (Click foto untuk lihat dalam mode panorama)

Satu yang menurut saya kenapa pendakian gunung di Korea itu seru!, jika di Indonesia untuk mendaki gunung diperlukan waktu berhari-hari di Korea, semua gunungnya dapat di tempuh dan pulang kembali hanya dalam kurun 1 hari. Gunung tertinggi di Korea Hallasan misalnya, harus di tempuh dalam waktu 1 hari dan tidak di perbolehkan menginap atau camping di atas. Hal ini demi meminimalkan bahaya bagi pendaki. Ditambah lagi, bahkan di atas gunung pun jaringan seluler bisa dapat 4G 😅, jadi tidak akan takut hilang. Jangan lupa, kalau kita buka kakao map, jalur pendakian pun ada di sana. Sudah pasti makin lebih gampang dan seru. Tertarik ? silakan coba sendiri ke Korea Selatan

ediutomoputra

Born in Palu, grew in Palu, Malang, Porto.
Falling In Love with Photography,
Some of photo can be found at Instagram.com/ediutomoputra

Back To Top